Selasa, 22 November 2016

hadits orang munafik

HADIS ORANG MUNAFIK

      PENGERTIAN MUNAFIK
Secara bahasa, kata Munafik berasal dari kata Nafaqa (نَفَقَ), Nifaqon (نِفَاقًا) yang mengandung arti Mengadakan, mengambil bagian dalam, membicarakan sesuatu yang dalam pandangan keagamaan. Pengakuannya dari satu orang berbeda-beda dengan yang lainnya. Adapun dalam pengertian syara’, Munafik adalah orang yang lahirnya beriman padahal hatinya kufur.

   CIRI-CIRI ORANG MUNAFIK
Ciri-ciri orang munafik sangat banyak tersebut didalam al Qur’an, dan Rasulullah SAW juga menyebutkan sebagian diantaranya guna memperingatkan umatnya dari ciri-ciri tersebut, jangan sampai mereka terjatuh kedalamnya sehingga mereka akhirnya menjadi mirip seperti mereka. Padahal sungguh Nabi Sallallahu ‘alaihi wassalam telah menyatakan bahwa barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk dari kaum tersebut.
Diantaranya ciri-ciri orang munafik yang dijelaskan dalam al Qur’an adalah :1
  1. Bermuka Dua
Bermuka dua adalah ciri orang yang membentuk penampilan lahiriyah dan melakukan sesuatu yang bertentangan dengan hati nuraninya. Misalnya : seseorang mungkin memberikan kesan persahabatan dan kasih sayang serta bersikap tulus dan simpatik, padahal dalam hatinya ia menyembunyikan perasaan yang sebaliknya.
  1. Berlidah Dua
Berlidah dua adalah sifat orang yang memuji dan menjunjung orang lain ketika ia berhadapan dengannya, tetapi mencela dan mengumpatnya bila ia tidak ada.
  1. Berdusta
Berdusta atau berkata bohong merupakan ciri-ciri kemunafikan yang sangat menonjol. Orang yang munafik selalu berkhianat, tidak dapat dipercaya atas segala apapun yang diamanatkan kepadanya, berdusta bila berbicara, dan tidak dapat dipercayai setiap perkataan yang keluar dari penuturannya.
  1. Sumpah Palsu
Orang-orang munafik tidak segan-segan bersumpah palsu untuk menguatkan kebohongan-kebohongan yang mereka lakukan, sumpahnya hanya sebagai perisai untuk menyelamatkan diri

C.      HADITS TENTANG CIRI-CIRI ORANG MUNAFIK
Hadits 1
آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلاَثٌ اِذَاحَدَثَ كَذَبَ وَاِذَا وَعَدَ اَحْلَفَ وَاِذَااؤْتُمِنَ خَانَ
Artinya :
“Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga, yaitu jika berbicara ia berbohong, jika berjanji ia ingkar dan jika dipercaya ia berkhianat”. (HR. Bukhori).2

Makna / Mufrodat Kata
No
Kosakata
Arti
1
آيَةُ الْمُنَافِقِ
Tanda-tanda orang munafik
2
ثَلاَثٌ
Ada tiga
3
اِذَاحَدَثَ
Jika berbicara
4
كَذَبَ
Berbohong
5
وَاِذَا وَعَدَ
Dan jika berjanji
6
اَحْلَفَ
Ingkar
7
وَاِذَااؤْتُمِنَ
Dan jika dipercaya
8
خَانَ
Berkhianat

Inti Kandungan Hadits
  1. Sifat munafik adalah penyakit berbahaya yang dapat mengancam kehidupan masyarakat, karena orang-orang munafik pada dasarnya adalah orang-orang yang ingkar kepada Alllah, Rasulnya serta ajarannya.
  2. Orang-orang munafik biasanya kalau berbicara selalu tidak sesuai dengan kenyataannya, apabila ia memiliki janji, tidak pernah ditepati, dan apabila ia mendapatkan amanah, ia tidak pernah menjalankan amanah tersebut dengan baik dan Allah sangat murka terhadap orang-orang yang seperti itu.

Hadits 2
عَنْ عَبْدُاللهِ بْنِ عَمَرْ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَدْبَعُ مَنْ
كُنَّ فِيْهِ كَانَ مُنَافِقًا خَالِصًا. وَمَنْ كَانَتْ فِيْهِ خَلْصَةُ مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيْهِ خَلِصَةُ
مِنَ النِّفَاقِ حَتَّىيَدَعَهَا.
اِذَائْتُمِنَ خَانَ وَاِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَاِذَا عَاهَذَا خَدَرَ وَاِذَا خَاصَمَ فَجَرَ.
Artinya :
“Ada 4 sifat barang siapa yang memilikinya maka sungguh ia seorang munafik sejati, dan barang siapa yang memiliki 1 sifat diantara semua sifat-sifat itu, sungguh ia sedang berjalan menuju kearah munafik sampai ia meninggalkannya.
Apabila dipercaya ia khianat, apabila berbicara ia berdusta, apabila berjanji ia ingkar, apabila bekerjasama ia curang.”3







Makna / Mufrodat Kata
No
Kosakata
Arti
1
عَنْ عَبْدُاللهِ بْنِ عَمَرْ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ
Dari Abdullah bin Amar
2
قَالَ
Berkata
3
النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Nabi Sallallahu ‘alaihi wassalam
4
اَدْبَعُ
4 sifat
5
مَنْ كُنَّ فِيْهِ
Barangsiapa yang memilikinya
6
كَانَ مُنَافِقًا خَالِصًا
Ia seorang munafik sejati
7
وَمَنْ كَانَتْ
Dan barang siapa
8
فِيْهِ
Memiliki
9
خَلْصَةُ
1 sifat
10
مِنْهُنَّ
Diantara sifat-sifat itu
11
كَانَتْ فِيْهِ
Sungguh ia
12
خَلِصَةُ
Menuju ke sifat
13
مِنَ النِّفَاقِ
Munafik
14
حَتَّى
Sampai
15
يَدَعَهَا
Ia meninggalkannya
16
اِذَائْتُمِنَ
Apabila dipercaya
17
خَانَ
Khianat
18
وَاِذَا حَدَّثَ
Apabila berbicara
19
كَذَبَ
Berdusta
20
وَاِذَا عَاهَذَا
Apabila berjanji
21
خَدَرَ
Ingkar
22
وَاِذَا خَاصَمَ
Apabila bekerjasama
23
فَجَرَ
Curang



Inti Kandungan Hadits
  1. Dalam hadits yang kedua dinyatakan bahwa ciri-ciri orang munafik ada 4, ke empat sifat tersebut apabila seseorang memilikinya, maka dia termasuk orang munafik sejati.
Adapun balasan bagi orang-orang munafik terdapat di QS At-taubah : 68, QS An-Nisa’ : 138 dan 147. Pada ayat tersebut djelaskan bahwa kelak di alam kubur, orang-orang yang memiliki sifat munafik akan disiksa sesuai dengan apa yang dia perbuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar